Skip to main content

LANGKAH LANGKAH TUNE UP MOBIL INJEKSI

Hallo semuanya kembali lagi di Bengkel Mobil Gilang Purworejo. Kali ini Bengkel Mobil Gilang Purworejo mau bahas tune up mobil injeksi secara benar dan akurat.
Langsung aja yuk....
Apa sih itu tune up ?
Untuk anda yang belum tau atau baru mengenal dunia otomotif tentu anda tidak tau tune up itu apa, tapi untuk yang sudah mengenal pasti tau apa istilah tune up.
Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tune up dan langkah langkah apa saja yang harus dilakukan.
Tune up adalah proses pemeriksaan dan perawatan mesin dalam waktu atau tempo secara rutin dalam 6 bulan sekali untuk mengembalikan atau mengoptimalkan kembali kinerja mesin.
Jadi untuk anda yang menginginkan kendaraan anda kembali optimal tune up adalah salah satu dari beberapa cara untuk mengoptimalkan atau mengembalikan kinerja mesin. Selain gurah mesin




Buat yang belum tau gurah mesin itu apa bisa klik link di bawah ini
πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡
Gurah Mesin Bengkel Mobil Gilang Purworejo




Apalagi untuk kendaraan masa kini yang menggunakan sistem injeksi. Tune up adalah hal yang harus di perhatikan dimana sensor sensor yang terdapat pada mesin harus bekerja dengan maksimal. Untuk itu harus di perhatikan perawatannya agar tidak mudah rusak, karna seperti yang kalian ketahui harga sensor tidaklah murah😊.

Langkah-langkah tune up yang benar :
1. Cek kondisi aki
Aki basah
▪pengecekan air aki
cek slalu ketinggian dan jumlah air aki, untuk menambah kinerja dan waktu pakai aki.
▪bersihankan terminal aki
karena kotor debu atau korosi sangat berpengaruh terhadap kelistrikan mesin.
Untuk aki basah bila aki mengalami low arus bisa di charge untuk mengambalikan kondisi aki.
Aki kering
▪bersihankan terminal aki
karena kotor debu atau korosi sangat berpengaruh terhadap kelistrikan mesin.
Khusus aki kering ganti setiap 2 / 3 tahun skali, karena aki kering terkadang low arus secara mendadak

2. Cek kekentalan oli
Kekentalan oli harus sesuai.
Oli yang sudah tidak terlalu kental akan membuat gesekan mesin bertambah, bila dibiarkan dalam waktu yang lama akan membuat kondisi spare part dalam mesin mengalami keausan atau tipis dan kerusakan yang fatal. Bisa saja mengakibatkan turun mesin atau over houl.
Gunakan oli yang sesuai dengan jenis mobil anda dan konsisten. Jangan gonta ganti oli karena menambah kerak di ruang bakar.

3. Air Radiator
Air radiator untuk pendinginan mesin sebaiknya di ganti setiap tune up mesin karena kualitas air radiator mempengaruhi panas temperatur kerja mesin. Bisa saja mengakibatkan over heating
Ganti air radiator sebaiknya dengan air murni / coolant atau bisa saja di ganti dengan air mineral.
Jangan lupa membawa persediaan air ketika hendak berpergian jauh.

4. Cek kondisi busi
Busi adalah hal yang sangat penting dalam kendaraan karna busi mempengaruhi tenaga mesin. Ganti busi jika dirasa kinerja busi mobil anda sudah berkurang.
Busi yang tidak layak :
▪Busi yang elektrodanya sudah habis / aus karena proses kerja yang sudah lama.
▪Busi dengan warna hitam di kepala busi.
Busi yang baik :
▪Busi dengan kondisi pembakaran yang bersih.

5. Filter Udara
Filter udara harus selalu bersih. Filter udara bekerja untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin.
Sebaiknya di bersihkan setiap kali tune up mesin dan diganti setiap 50.000 km.
Jangan sampai filter udara tersumbat karena akan mempengaruhi atau menghambat udara yang masuk ke mesin dan mengakibatkan kinerja mesin berkurang.

6. Cek kondisi filter bensin
Filter bensin adalah penyaring / pemisah bensin dari kotoran.
Bersihkan filter bensin setiap kali anda tune up karena jika filter bensin tersumbat akan mempengaruhi berkurangnya jumlah bahan bakar yang masuk ke mesin dan menghambat kinerja mesin.

7. Sensor - sensor
Bersihkan sensor sensor. Untuk kendaraan masa kini yang menggunakan sistem injeksi.
Bersihan sensor seperti sensor ( isc, ckp, cmp, sensor O2 dll ) sangat penting karena untuk mengembalikan kesensitifan kinerja sensor tersebut. Perlu di ingat sebelum melepas sensor sebaiknya lepas dulu aki agar tidak ada trobel kode dtc yang tersimpan di ecu dan juga untuk restart ulang ecu mobil anda. Atau jika anda takut bawa ke bengkel.

Nah itu lah rangkaian dari langkah langkah tune up mobil injeksi.

Bengkel Mobil Gilang Purworejo juga menerima servis segala jenis mobil karbu dan injeksi. Mulai dari servis ringan, tune up, servis rem, over houl, kaki-kaki, gurah mesin, derek cangkul, layanan panggilan 24 jam nonstop dan masih banyak lagi.





Itulah sertifikaf dari mekanik Bengkel Mobil Gilang Purworejo.

Jangan ragu lagi untuk percayakan mobil karbu / injeksi ke bengkel mobil Gilang purworejo.
Bengkel Mobil Gilang Purworejo juga menerima panggilan 24 jam area purworejo dan sekitarnya.
contak mekanik :
0896-0604-8276 : WA/ SMS / TELFON
0813-9290-1127 : WA / TELFON
bila nomor di atas sedang sibuk semua bisa hubungi CS kami di 0896-7451-7555 WA/ sms / telfon.


Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel kami, semoga artikel kami dapat bermanfaat bagi semua kalangan.


Sukses selalu.
Salam kuku hitam.



Comments

Popular posts from this blog

CDI VS PLATINA

CDI VS PLATINA Hallo ketemu lagi dengan blog yang sederhana ini adalah blog pertama kami tentang review kelebihan dan kekurangan spare part mobil nih. Ikuti terus yuk.. Sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI, mana yang lebih baik ?? Sejalan dengan kemajuan teknologi otomotif sistem pengapian pada kendaraan roda 4 pun sudah mengalami perubahan mulai dari sistem pengapian platina ke sistem pengapian CDI. Namun masih banyak orang yang bingung tentang mana yang lebih baik sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI. Kali ini kita akan bahas tentang kelebihan dan kekurangan sistem pengapian platina dan sitem pengapian CDI. Banyak yang bilang bahwa sistem pengapian CDI lebih unggul, tetapi tidak sedikit juga yang bilang bahwa sistem platina lebih bertenaga. Langsung kita simak yuk apa saja kelebihan dan kekurangannya... CDI(Capasitor Discharge Igniition)  CDI berfungsi sebagai pembagi dan pembangkit arus sebelum di teruskan oleh coil pengapian. Berikut ad

Scan Mobil Injeksi di Purworejo

Semakin maraknya mobil injeksi di Purworejo. Bengkel mobil gilang juga menyediakan jasa SCANNING menggunakan scan XTOOL PS701 dan OBD MATE. Jenis kendaraan yang dapat kami SCAN antara lain : Toyota Daihatsu Suzuki Mitsubishi Datsun Nissan Biaya scan sangat terjangkau kok, untuk tanya-tanya bisa hubungi : CS : 089674517555 MEKANIK: 089606048276 Lokasi bengkel mobil gilang berada di dusun Candi rt02/rw03, desa Candingasinan, kab Purworejo, Jawa Tengah. Kami juga melayani servis panggilan. Apabila anda mengalami troble di jalan kami siap membantu di jam berapapun. ayanan kami antara lain 1. tune up 2. ganti oli 3. gurah mesin 4. scan engine 5. servis alternator 6. servis dinamo start 7. ganti kampas rem 8. ganti kampas kopling 9. servis rem 10. servis kelistrikan 11. servis lampu lampu 12. servis kabel kabel 13. jumper aki 14. diagnosik kerusakan 15. derek cangkul 16. dan masih banyak yang lainnya area layanan panggilan kami antara lain : • Bagelen, Purworejo • Banyuurip, Purworejo • Bay

Akibat TIMING BELT putus !!! hati hati

Hallo bertemu kembali di blog bengkel injeksi kali ini kita akan menjelaskan akibat dari timing belt putus. Sebelumnya kepembahasan utama anda harus tahu penyebab dari timing belt aus atau putus. Langsung saja klik link di bawah ini πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ PENYEBAB TIMING BELT AUS ATAU PUTUS Selanjutnya kita akan jelaskan akibat dari timing belt putus dan hal apa saja yang perlu diperhatikan. Timing belt putus pasti akan membuat akan kebingungan terlebih bila terjadi saat anda melakukan perjalanan karena mobil akan tiba-tiba mogok dan tidak dapat dihidupkan kembali. Karena ketika timing belt putus otomatis valve akan bengkok karena putaran camshaft akan berhenti disebabkan piston menabrak valve dalam kondisi valva masih terbuka. Ketika valve bengkok meskipun timing belt diganti mobil tidak akan bisa bekerja sempurna. Karena kompresi akan hilang karena keluar dari rongga valve yang bengkok tadi. Hal yang harus diperhatikan ketika timing belt putus : Ketika timing belt putus