Skip to main content

CDI VS PLATINA

CDI VS PLATINA


Hallo ketemu lagi dengan blog yang sederhana ini adalah blog pertama kami tentang review kelebihan dan kekurangan spare part mobil nih.
Ikuti terus yuk..


Sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI, mana yang lebih baik ??
Sejalan dengan kemajuan teknologi otomotif sistem pengapian pada kendaraan roda 4 pun sudah mengalami perubahan mulai dari sistem pengapian platina ke sistem pengapian CDI.
Namun masih banyak orang yang bingung tentang mana yang lebih baik sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI.

Kali ini kita akan bahas tentang kelebihan dan kekurangan sistem pengapian platina dan sitem pengapian CDI.
Banyak yang bilang bahwa sistem pengapian CDI lebih unggul, tetapi tidak sedikit juga yang bilang bahwa sistem platina lebih bertenaga.
Langsung kita simak yuk apa saja kelebihan dan kekurangannya...


CDI(Capasitor Discharge Igniition) 
CDI berfungsi sebagai pembagi dan pembangkit arus sebelum di teruskan oleh coil pengapian.
Berikut adalah kelebihan dan kekurangan sistem pengapian CDI menurut mekanik kami.

Kelebihan Sistem Pengapian CDI

1. Pengapian Stabil
Mobil dengan sistem pengapian CDI membuat sistem pengapian lebih stabil dan tidak berubah-ubah. Ditambah saat melewati hujan sistem CDI lebih baik karena di kemas oleh body plastik. Sehingga tidak akan mengalami konsleting jika terkena air hujan.

2. Bahan Bakat Irit
Bahan bakar mobil yang menggunakan sistem pengapian CDI cenderung lebih irit. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas dengan pengapian yang stabil otomatis komsumsi bahan bakar kendaraan cenderung lebih irit.

3. Tidak Ada Perawatan Khusus
Kelebihan sistem pengapian CDI selanjutnya adalah tidak perlu perawatan khusus. Karena sistem pengapian CDI tidak ada kontak fisik antara as delco dan CDI. Sehingga membuat sistem pengapian CDI tidak akan mengalami keausan dan tidak perlu melakukan penyetelan ulang.

4. Awet 
Sistem pengapian CDI lebih awet karena proses kerjanya tidak ada kontak fisik antara as delco dan CDI. Membuat sistem pengapian CDI lebih awet.

baca juga : AKIBAT TIMING BELT PUTUS!!!!!


Kekurangan Sisten Pengapian CDI

1. Performa Tenaga Mesin Kurang Bagus
Kekurangan sistem pengapian CDI adalah tenaga mesin yang kurang maksimal. Banyak yang mengeluhkan bahwa pengapian CDI lemah di putaran tinggi. Banyak juga pengendara mobil yang kecewa saat pengapian mobil yang tadinya menggunakan sistem platina di rubah k CDI. Karena tenaga yang dihasilkann kurang memuaskan. Akhirnya di kembalikan lagi ke sistem pengapian platina. Karena performa tenaga dari sistem pengapian CDI yang menurun.

2. Harga CDI Mahal
Harga cdi kisaran 400k-700k lebih mahal tentunya jika dibandingkan dengan harga platina. Mengkibatkan pengguna mobil sistem pengapian platina tidak mengubah sistem pengapian mobilnya menjadi sistem pengapian CDI. Jarang pula toko onderdil yang menjual CDI membuat mobil dengan sistem pengapian CDI jarang di minati. Sistem pengapian CDI menggunakan CDI yang berbeda-beda, sehingga tidak semua jenis kendaraan bisa menggunakan CDI yang sama.

3. Kerusakan CDI Tidak Dapat Dideteksi
Kekurangan sistem pengapian CDI yang selanjutnya adalah saat CDI mengalami kerusakan tidak mengalami gejala awal. Banyak pengguna kendaraan dengan sistem pengapian CDI yang mengeluhkan hal tersebut. Mobilnya tiba-tiba mati dan sama sekali tidak bisa di hidupkan saat perjalanan, padahal sebelumnya tidak ada gejala apapun. Ini bisa disebabkan karena CDI nya mati.

4. Jarang Bengkel Yang Menyediakan CDI
Kekurangan yang selanjutnya adalah tidak semua bengkel menyediakan CDI. Karena harganya yang mahal dan CDI setiap kendaraan berbeda-beda. Membuat jarang yang menjual CDI itu sendiri.



PLATINA
Setelah anda mengetahui sistem pengapian CDI. Sekarang kita akan bahas sistem pengapian platina kelebihan dan kekurangannya.




Kelebihan Platina

1. Harganya Murah
Harga platina cukup murah kisaran 40k-70k. Cara kerja yang sederhana membuat platina cukup di minati oleh semua kalangan. Bahkan merk platina satu dengan yang lainnya memiliki kesamaan sehingga mudah didapati. Karena harganya murah banyak pemilik kendaraan yang membawa platina cadangan untuk menghindari keausan platina saat dalam perjalanan.

2. Tenaga Maksimal 
Tenaga mesin yang dihasilkan maksimal adalah salah satu kelebihan sistem pengapian platina. Banyak pengguna kendaraan yang puas dengan tenaga kendaraannya saat menggunakam sistem pengapian platina. Jika banyak yang mengeluhkan bahwa sistem platina mudah rubah itu sebetulnya kesalahannya pada penyetelan platina. Bisa jadi saat melakukan penyetelan tidak membersihkan permukaan platina terlebih dahulu sehingga menyebabkan platina tidak awet.


3. Kerusakan Platina Dapat Dideteksi Dari Awal
Kelebihan sistem pengapian platina yang selanjutnya adalah saat platina mengalami kerusakan mobil akan mengalami grendet atau tersendat-sendat terlebih dahulu. Sehingga membuat si pengendara bisa mencari bantuan bengkel terdekat untuk penggantian platina.

4. Pemasangan Mudah
Kelebihan platina yang selanjutnya adalah pemasangan platina yang mudah dan banyak bengkel yang mahir dalam memperbaikinya. Banyak juga bengkel yang menyediakan platina. Karena setiap merk platina satu dengan yang lainnya memiliki kesamaan.


Kekurangan Platina

1. Mudah Aus
Kekurangan sistem pengapian platina yang pertama adalah mudah aus karena bahan platina yang mengalami gesekan membuatnya mudah mengalami keausan. Apalagi jika digunakan terus menerus dan setiap hari. Dalam jangka waktu 1 tahun platina harus melakukan penyetelan ulang.

2. Perlu Perawatan Khusus
Kekurangan yang selanjutnya adalah sistem pengapian platina perlu peraawatan khusus. Dimana setiap saat penyetelan platina, sebaiknya tempat platina di bersihka. Karena jika kotor akan mengganggu proses pengapian pada kendaraan dengan sistem pengapian platina.

3. Mudah Konslet Saat Hujan
Kelemahan yang selanjutnya adalah sistem pengapian platina mudah mengalami konslet. Karena platina dengan prinsip sederhana, jika terkena air otomatis arus listrik akan menyebar dan menyebabkan mesin tidak stabil.
Tapi kami dari BENGKEL MOBIL GILANG PURWOREJO dapat mengatasinya dengan mudah jika anda ingin mengetahuinya silahkan hubungi kami.

4. Mudah Karatan
Sistem pengapian platina mudah mengalami berkarat sehingga membuat proses kerjanya akan terganggu dan akan patah. Sehingga untuk mengatasinya, banyak pemilik kendaraan yang membawa platina cadangan untuk menghindari hal tersebut.


Kami juga menyediakan jasa bengkel mobil yang melayani servis ringan hingga berat serta memberikan layanan tambahan panggilan 24jam area purworejo dan sekitarnya.
Hubungi bengkel kami di
▪0813-9290-1127 telfon / sms / WA
▪0896-0604-8276 telfon / sms / WA
RESERVASI di 0896-7451-7555 telfon / sms / WA





Itulah penjelasan dari kami mengenai kelebihan dan kekurangan CDI VS PLATINA.
Semoga bermanfaat bagi anda. Apabila terdapat kesalahan baik tulisan maupun penjelasan kami mohon maaf.
Kritik dan saran sangat kami butuhkan. Silahkan tulis di kolom komentar.
Agar kedepannya kami bisa jauh lebih baik lagi.
Terimakasih sudah membaca blog kami.
Semoga dapat membantu.
Salam pecinta otomotif dan sampai jumpa.

Comments

  1. Mksh banyaknpenjelasannya. Kalau begitu mending pakai playtina aja.

    ReplyDelete
  2. Tanks buat penjelasanya....semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  3. Awalnya kijang sy mau ganti CDI, Setelah sy baca ini, sy ttp mempertahankan platina.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas penjelasannya,karna saya ini pemula,kalau boleh tau masih ada gak alat untuk mengirim bahan bakar yang mobil pakai peltina

    ReplyDelete
  5. Yes , saya jg lebih baik platina aja dgn harga murah tenaga atas jg dapat

    ReplyDelete

Post a Comment

harap saran dan kritik anda

Popular posts from this blog

Scan Mobil Injeksi di Purworejo

Semakin maraknya mobil injeksi di Purworejo. Bengkel mobil gilang juga menyediakan jasa SCANNING menggunakan scan XTOOL PS701 dan OBD MATE. Jenis kendaraan yang dapat kami SCAN antara lain : Toyota Daihatsu Suzuki Mitsubishi Datsun Nissan Biaya scan sangat terjangkau kok, untuk tanya-tanya bisa hubungi : CS : 089674517555 MEKANIK: 089606048276 Lokasi bengkel mobil gilang berada di dusun Candi rt02/rw03, desa Candingasinan, kab Purworejo, Jawa Tengah. Kami juga melayani servis panggilan. Apabila anda mengalami troble di jalan kami siap membantu di jam berapapun. ayanan kami antara lain 1. tune up 2. ganti oli 3. gurah mesin 4. scan engine 5. servis alternator 6. servis dinamo start 7. ganti kampas rem 8. ganti kampas kopling 9. servis rem 10. servis kelistrikan 11. servis lampu lampu 12. servis kabel kabel 13. jumper aki 14. diagnosik kerusakan 15. derek cangkul 16. dan masih banyak yang lainnya area layanan panggilan kami antara lain : • Bagelen, Purworejo • Banyuurip, Purworejo • Bay

Akibat TIMING BELT putus !!! hati hati

Hallo bertemu kembali di blog bengkel injeksi kali ini kita akan menjelaskan akibat dari timing belt putus. Sebelumnya kepembahasan utama anda harus tahu penyebab dari timing belt aus atau putus. Langsung saja klik link di bawah ini 👇👇👇👇 PENYEBAB TIMING BELT AUS ATAU PUTUS Selanjutnya kita akan jelaskan akibat dari timing belt putus dan hal apa saja yang perlu diperhatikan. Timing belt putus pasti akan membuat akan kebingungan terlebih bila terjadi saat anda melakukan perjalanan karena mobil akan tiba-tiba mogok dan tidak dapat dihidupkan kembali. Karena ketika timing belt putus otomatis valve akan bengkok karena putaran camshaft akan berhenti disebabkan piston menabrak valve dalam kondisi valva masih terbuka. Ketika valve bengkok meskipun timing belt diganti mobil tidak akan bisa bekerja sempurna. Karena kompresi akan hilang karena keluar dari rongga valve yang bengkok tadi. Hal yang harus diperhatikan ketika timing belt putus : Ketika timing belt putus