Skip to main content

Kenapa Timing Belt Bisa Putus

Hallo pecinta otomotif
Selamat datang di blog "bengkel injeksi" kali ini kita akan membahas kenapa timing belt bisa putus autupun aus.
Sebelumnya kita harus tau dulu fungsi dari timing belt dan bagaimana cara kerja timing belt.
Timing belt adalah penghubung antara crankshaft dan camshaft.
Crankshaft adalah sebuah poros yang berguna untuk mengatur naik turun piston.
Camshaft adalah sebuah poros yang berfungsi untuk mengatur valve dan mengatur waktu pembakara dalam mesin.
Ada 2 jenis valve yaitu intake (masuk) dan exhause (keluar), intake valve berfungsi sebagai saluran masuknya bahan bakar dan udara ke ruang pembakaran sedangkan exhause valve berfungsi sebagai saluran buang dari hasil pembakaran dalam mesin.
Nah valve tersebut dikendalikan oleh putaran camshaft dan timing belt berfungsi sebagai penggerak putarannya.


Tanda-tanda yang mungkin akan anda alami jika timing belt putus atau aus :
  • Mesin kehilangan tenaga
  • Terdengar suara seperti besi bertabrakan.  
  • Mesin tiba-tiba mogok dan sama sekali tidak dapat dihidupkan kembali.
Mesin tidak dapat dihidupkan kembali karena terhentinya proses masuk bahan bakar dan pengapian. Untuk beberapa jenis kendaraan akan berakibat fatal, disebabkan valve bertabrakan dengan piston yang masih memiliki sisa putaran dan klep masih dalam kondisi terbuka.


 Penyebab timing belt aus bahkan sampai putus :

1. Usia Timing Belt
Usia timing belt mempengaruhi keausan timing belt.
Seperti komponen lain pada kendaraan, timing belt juga memiliki batas usia dan sebaiknya di  ganti setiap 90.000km untuk tming belt yang original dan untuk timing belt yang biasa / murah biasanya 45.000km. Jadi perhatikan jenis timing belt saat penggantian timing belt.

2. Kesalahan Pemasangan
Kesalahan pemasangan akan menyebabkan keausan pada timing belt.
Pemasangan yang terlalu kencang akan membuat timing belt mudah aus dan pemasangan terlalu kendor juga akan menyebabkan teming belt mudan putus / getas.

3. Bearing timing belt ( tensioner )
Bearing timing belt adalah pengatur kekencangan timing belt, jika bearing tersebut macet / rusak akan menyebabkan putaran timing belt tidak terkontrol dan membuat usia timing belt semakin pendek. Untuk penggantian timing belt sebaiknya bersamaan dengan bearing timing belt agar timing belt bisa mencapai batas usianya.

4. Sering membawa muatan melebihi batas kendaraan
Semua kendaraan pasti memiliki batas muatan kendaraan. Terlalu sering membawa muatan sebaiknya berhati-hati karrna muatan berlebihan mempengaruhi keausan timing belt, sebaiknya di ganti lebih awal jika di rasa menghawatirkan.

5. Cara berkendara yang kasar
Cara berkendara yang kasar akan mengurangi usia timing belt dimana timing belt lama kelamaan akan kendor dan mudah putus karna cara berkendara.


 Gambar timing belt aus





Gambar valve bengkok







Bila di rasa ragu untuk melakukan pengecekan sendiri.
Bisa hubungi kami bengkel mobil gilang purworejo, melayani panggilan 24 jam area purworejo dan sekitarnya. Hubungi bengkel kami di
▪0813-9290-1127 telfon / sms / wa
▪0896-0604-8276 telfon / sms / WA
RESERVASI di 0896-7451-7555 telfon / sms / WA


Itulah beberapa penyebab timing belt aus atau putus. Jika anda masih bingung atau ingin bertanya seputar otomotif silahkan hubungi kami kami

Comments

Popular posts from this blog

CDI VS PLATINA

CDI VS PLATINA Hallo ketemu lagi dengan blog yang sederhana ini adalah blog pertama kami tentang review kelebihan dan kekurangan spare part mobil nih. Ikuti terus yuk.. Sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI, mana yang lebih baik ?? Sejalan dengan kemajuan teknologi otomotif sistem pengapian pada kendaraan roda 4 pun sudah mengalami perubahan mulai dari sistem pengapian platina ke sistem pengapian CDI. Namun masih banyak orang yang bingung tentang mana yang lebih baik sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI. Kali ini kita akan bahas tentang kelebihan dan kekurangan sistem pengapian platina dan sitem pengapian CDI. Banyak yang bilang bahwa sistem pengapian CDI lebih unggul, tetapi tidak sedikit juga yang bilang bahwa sistem platina lebih bertenaga. Langsung kita simak yuk apa saja kelebihan dan kekurangannya... CDI(Capasitor Discharge Igniition)  CDI berfungsi sebagai pembagi dan pembangkit arus sebelum di teruskan oleh coil pengapian. Beriku...

bengkel mobil panggilan

 ini merupakan bengkel mobil yang melayani panggilan 24 jam. kalau mobil anda tiba tiba macet di jalan dan tidak tau bengkel di daerah kutoarjo , atau purworejo andq bisa menghubungi kami di nomor ini • 0896-0604-8276 TLP / WA • 0813-9290-1127 TLP / WA Di tempat manapun anda mengalami mobil mogok kami bisa membantu anda. dengan mekanik yang telah berpengalamqn kami dapat mengatasi mobil anda.  terimakqsih telah berkunjung ke artikel kami

BENGKEL 24 JAM PURWOREJO

 kami adalah bengkel mobil 24 jam di purworejo. jika anda membutuhkan layanan bengkel 24 jam atau layanan panggilan anda bisa menghungi kami saja. kami akan membantu anda 24 jam.  kontak kami  • 081392901127 tlp / wa • 089606048276 tlp / wa kami memberikan layanan sebagai berikut 1. panggilan 24 jam 2. jumper aki 3. servis mobil panggilan 4. servis mobil di rumah 5. ganti kampas rem 6. ganti kampas kopling 7. servis lampu lampu 8. servis kelistrikan 9. mobil mogok di jalan 10. mobil tiba tiba mati  11. perbaikan dinamo start 12. perbaikan dinamo alternator 13. detek cqngkul 14. cass aki 15. dan masih banyak yang laiinya silahkan anda menelpon kami saja jika anda memburuhkan layanan kami. kami akan siap membantu anda 24 jam