Skip to main content

Penyebab Mobil Overheat

Hallo kembali lagi dengan blog "bengkel injeksi". Kali ini kita akan bahas tentang penyebab mesin overheat dan bagaimana penanganannya. Oke langsung saja kepembahasan.

Overheat (mesin panas berlebih) adalah ketika kondisi mesin yang mengalami panas melebihi batasnya dan mengakibatkan kerusakan pada part yang lain dan akibat fatalnya bisa mengalami mesin mogok.


Berikut penyebab dan cara mengatasi mobil overheat :

#1. Radiator
Radiator adalah pendingin mesin.
Cara kerjanya memanfaatkan air yang telah di dinginkan serta memanfaatkan udara yang dari depan kemudian bersirkulasi ke mesin.

Kerusakan radiator bermacam-macam seperti :
A. Kebocoran pada sambungan radiator
Disebabkan oleh kondisi air yang telah telalu lama dan sudah berkarat.
B. Tutup radiator yang bocor
Tutup radiator yang bocor akan menyebabkan penyusutan cairan pendingim di dalam radiator ( bocor perlahan ) dan tidak terhisapnya air cadangan pada tempat cadangan air radiator
C. Selang radiator yang telah rusak
Kerusakan selang radiator diakibatkan oleh usia selang yang telah lama dan menyebabkan kebocoran cairan yang bersirkulasi untuk pendinginan mesin

Cara mengatasi kerusakan radiator :
▪ Gunakan cairan radiator sesuai spesifikasi mobil
▪ Ganti cairan radiator setiap kerja 20.000km atau setiap servis rutin
▪ Periksa selalu jumlah cairan di radiator ataupun di cadangannya.


#2. Oli mesin
Gunakan oli mesin sesuai dengan spesifikasi mobil. Oli adalah pelumas sekaligus pendingin mesin. Menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin akan mengurangi resiko overheat pada mesin. Serta jangan gonta ganti jenis oli.

Spesifikasi oli yang bagus :
A. Untuk mobil denga masa kerja / umur 1- 5 tahun menggunakan oli sae 10-40w
B. Untuk mobil dengan masa kerja / umur 5-10 tahun menggunakan sae 15 - 40 w
C. Untuk mobil dengan masa kerja / umur
di atas 10tahun menggunakan oli sae 20 - 50w


#3. Kipas / Fan
Kipas berfungsi sebagai pendingin udara yang memanfaatkan penghisapan udara dari depan dan menghembuskan angin ke mesin.
Periksa kerja kipas radiator apakah bekerja dengan baik atau tidak. Jika tidak bekerja dengan baik maka mesin akan panas.

Khusus mobil injeksi fan radiator bekerja menggunakan motor fan dan berputar pada kondisi panas mesin sesuai masa kerjanya.
Cara cek fan radiator mesin injeksi.
Hidupkan AC otomatis fan radiator hidup, pastikan putaran motor fan sesuai ( kecepatan putaran tinggi atau putaran tidak melambat ) jika putaran fan tidak sesuai sebaiknya ganti motor fan mobil anda.

Dan untuk kendaraan yang masih menggunkan karbo. Fan radiator biasanya berputar dengan putaran mesin kecuali mobil yang menggunakan ( penggerak roda depan )
Periksa kondisi van belt yang menghubung fan mobil anda. Jika kekencangan ya sudah berkurang, sebaiknya ganti van belt agar kinerja fan mobil lebih optimal.




Bila di rasa ragu untuk melakukan pengecekan sendiri.
Bisa hubungi kami bengkel mobil gilang purworejo, melayani panggilan 24 jam area purworejo dan sekitarnya. Hubungi bengkel kami di
▪0813-9290-1127 telfon / sms / wa
▪0896-0604-8276 telfon / sms / WA
RESERVASI di 0896-7451-7555 telfon / sms / WA


Itulah penjelasan tentang penyebab mobil overheat beserta cara mengatasinya.
Semoga dapat bermanfaat, mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan baik sengaja maupun tidak sengaja.

Kalau ada yang mau request mau dijelasin tentang masalah / kendala mobil boleh banget lho.
Bisa komen di bawah ini atau hubungi salah satu no di atas.
Bisa juga email ke susanira3@gmail.com

Comments

Popular posts from this blog

CDI VS PLATINA

CDI VS PLATINA Hallo ketemu lagi dengan blog yang sederhana ini adalah blog pertama kami tentang review kelebihan dan kekurangan spare part mobil nih. Ikuti terus yuk.. Sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI, mana yang lebih baik ?? Sejalan dengan kemajuan teknologi otomotif sistem pengapian pada kendaraan roda 4 pun sudah mengalami perubahan mulai dari sistem pengapian platina ke sistem pengapian CDI. Namun masih banyak orang yang bingung tentang mana yang lebih baik sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI. Kali ini kita akan bahas tentang kelebihan dan kekurangan sistem pengapian platina dan sitem pengapian CDI. Banyak yang bilang bahwa sistem pengapian CDI lebih unggul, tetapi tidak sedikit juga yang bilang bahwa sistem platina lebih bertenaga. Langsung kita simak yuk apa saja kelebihan dan kekurangannya... CDI(Capasitor Discharge Igniition)  CDI berfungsi sebagai pembagi dan pembangkit arus sebelum di teruskan oleh coil pengapian. Beriku...

bengkel mobil panggilan

 ini merupakan bengkel mobil yang melayani panggilan 24 jam. kalau mobil anda tiba tiba macet di jalan dan tidak tau bengkel di daerah kutoarjo , atau purworejo andq bisa menghubungi kami di nomor ini • 0896-0604-8276 TLP / WA • 0813-9290-1127 TLP / WA Di tempat manapun anda mengalami mobil mogok kami bisa membantu anda. dengan mekanik yang telah berpengalamqn kami dapat mengatasi mobil anda.  terimakqsih telah berkunjung ke artikel kami

BENGKEL 24 JAM PURWOREJO

 kami adalah bengkel mobil 24 jam di purworejo. jika anda membutuhkan layanan bengkel 24 jam atau layanan panggilan anda bisa menghungi kami saja. kami akan membantu anda 24 jam.  kontak kami  • 081392901127 tlp / wa • 089606048276 tlp / wa kami memberikan layanan sebagai berikut 1. panggilan 24 jam 2. jumper aki 3. servis mobil panggilan 4. servis mobil di rumah 5. ganti kampas rem 6. ganti kampas kopling 7. servis lampu lampu 8. servis kelistrikan 9. mobil mogok di jalan 10. mobil tiba tiba mati  11. perbaikan dinamo start 12. perbaikan dinamo alternator 13. detek cqngkul 14. cass aki 15. dan masih banyak yang laiinya silahkan anda menelpon kami saja jika anda memburuhkan layanan kami. kami akan siap membantu anda 24 jam