Skip to main content

Cara mengatasi lampu mobil yang tiba-tiba mati

Halo selamat datang di Blog bengkel injeksi semoga sehat selalu.
Kali ini kita akan bahas masalah "lampu mobil yang tiba tiba mati" kalo gitu langsung ke pembahasan aja yuk.
Saat lampu mobil tiba tiba mati mendadak sebaiknya jangan panik, karna itu tidak selalu karna mobil anda mengalami kerusakan.
Lampu kendaraan adalah hal yang sangat penting apalagi saat perjalanan di malam hari. Selain untuk penerangan saat berkendara di malam hari lampu juga sebagai tanda untuk pengendara lain. Tanpa lampu di malam hari bisa menjadi hal yang merugikan buat anda.
Maka berikut kami jelaskan gejala dan langkah yang bisa anda lakukan saat lampu kendaraan bermasalah.

1. LAMPU UTAMA MATI
Lampu utama mati semua ( kanan dan kiri ) dan lampu belakang lampu senja masih menyala.

A. Coba periksa sikring
Beberapa jenis mobil box sikring terletak di bagian kap mesin untuk mobil pembuatan di atas tahun 2000 dengan kode
▪ HLP -Lh > sikring lampu kiri
▪ HLP - RH > sikring lampu kanan
▪ kode LAMP (untuk jenis mobil tertentu)
Untuk mobil pembuatan di bawah tahun 2000 biasanya sikring lampu di letakan di bawah stir sebelah kanan atau kiri.
Coba periksa sikring apakah sikring rusak / mati. Jika rusak gantilah sikring dengan yang baru. Dan mobil anda lampunya akan menyala kembali.

B. Periksa riley
Anda yang masih awam mungkin bingung bagaimana cara periksa riley. Riley biasanya di pasang di sebelah sikring lampu dengan kode ( HEAD ) di dalam box sikring.
Cara memeriksa dengan mendengarkan suara dari riley seperti "cetek cetek" saat saklar lampu di on offkan dan jika tidak berbunyi sama sekali berarti rikey rusak dan harus ganti.
Sebaiknya anda membawa riley cadangan jika di rasa riley anda sudah mulai usang. Atau jika anda ragu untuk menggantinya sendiri bisa langsung datang ke bengkel.


2. LAMPU MATI SALAH SATU
Lampu mati salah satu misal kanan / kiri / belakang biasanya dikarenakan usia lampu yang memang harus diganti
Sebaiknya anda membawa cadangan lampu. Tidak ada salahnya membawa cadangan lampu saat anda berkendara di malam hari untuk mengantisipasi kondisi tersebut.
Ketika lampu anda ternyata mati salah satu, anda harus menggantinya. Nah kami akan jelaskan bagaimana cara melepasnya.

A. Cara melepas lampu depan
▪ Lampu dan mesin di depan
Untuk melepas lampu kamu cukup membuka kap mesin lalu cari soket lampu biasanya di belakang aki lalu lepas soket dan lepas pengunci lampu dan otomatis lampu halogen akan terlepas, begitu juga dengan lampi senjan dll cara melepasnya sama.
▪ Lampu depan dan mesin di belakang
Untuk lampu depan dengan mesin di belakang atau di bawah kursi cara melepas lampu dengan menggunakan obeng kemudian posisi lampu berada di atas pedal gas. Lepas 4 baut penutup lampu kemudian kamu akan menemukan soket lampu di dalamnya.

B. Cara melepas lampu belakang
Anda harus membuka bagasi / pintu belakang anda akan menemukan baut ukuran 10 atau obeng + pengait mika dudukan lampu. Anda akan menemukan soket lampu, cari lampu yang sekiranya sudah tidak menyala dan menggantinya dengan yang baru.

Apabila dalam melakukan langkah-langkah di atas anda merasa ragu. Bisa hubungi bengkel kami di
▪0813-9290-1127 telfon / sms / wa
▪0896-0604-8276 telfon / sms / WA
RESERVASI di 0896-7451-7555 telfon / sms / WA

Mungkin cukup sekian penjelasan dari kami semoga langkah langkah di atas dapat sedikit membantu anda dalam menangani trobel kendaraan di jalan semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment

harap saran dan kritik anda

Popular posts from this blog

CDI VS PLATINA

CDI VS PLATINA Hallo ketemu lagi dengan blog yang sederhana ini adalah blog pertama kami tentang review kelebihan dan kekurangan spare part mobil nih. Ikuti terus yuk.. Sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI, mana yang lebih baik ?? Sejalan dengan kemajuan teknologi otomotif sistem pengapian pada kendaraan roda 4 pun sudah mengalami perubahan mulai dari sistem pengapian platina ke sistem pengapian CDI. Namun masih banyak orang yang bingung tentang mana yang lebih baik sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI. Kali ini kita akan bahas tentang kelebihan dan kekurangan sistem pengapian platina dan sitem pengapian CDI. Banyak yang bilang bahwa sistem pengapian CDI lebih unggul, tetapi tidak sedikit juga yang bilang bahwa sistem platina lebih bertenaga. Langsung kita simak yuk apa saja kelebihan dan kekurangannya... CDI(Capasitor Discharge Igniition)  CDI berfungsi sebagai pembagi dan pembangkit arus sebelum di teruskan oleh coil pengapian. Berikut ad

Scan Mobil Injeksi di Purworejo

Semakin maraknya mobil injeksi di Purworejo. Bengkel mobil gilang juga menyediakan jasa SCANNING menggunakan scan XTOOL PS701 dan OBD MATE. Jenis kendaraan yang dapat kami SCAN antara lain : Toyota Daihatsu Suzuki Mitsubishi Datsun Nissan Biaya scan sangat terjangkau kok, untuk tanya-tanya bisa hubungi : CS : 089674517555 MEKANIK: 089606048276 Lokasi bengkel mobil gilang berada di dusun Candi rt02/rw03, desa Candingasinan, kab Purworejo, Jawa Tengah. Kami juga melayani servis panggilan. Apabila anda mengalami troble di jalan kami siap membantu di jam berapapun. ayanan kami antara lain 1. tune up 2. ganti oli 3. gurah mesin 4. scan engine 5. servis alternator 6. servis dinamo start 7. ganti kampas rem 8. ganti kampas kopling 9. servis rem 10. servis kelistrikan 11. servis lampu lampu 12. servis kabel kabel 13. jumper aki 14. diagnosik kerusakan 15. derek cangkul 16. dan masih banyak yang lainnya area layanan panggilan kami antara lain : • Bagelen, Purworejo • Banyuurip, Purworejo • Bay

Akibat TIMING BELT putus !!! hati hati

Hallo bertemu kembali di blog bengkel injeksi kali ini kita akan menjelaskan akibat dari timing belt putus. Sebelumnya kepembahasan utama anda harus tahu penyebab dari timing belt aus atau putus. Langsung saja klik link di bawah ini 👇👇👇👇 PENYEBAB TIMING BELT AUS ATAU PUTUS Selanjutnya kita akan jelaskan akibat dari timing belt putus dan hal apa saja yang perlu diperhatikan. Timing belt putus pasti akan membuat akan kebingungan terlebih bila terjadi saat anda melakukan perjalanan karena mobil akan tiba-tiba mogok dan tidak dapat dihidupkan kembali. Karena ketika timing belt putus otomatis valve akan bengkok karena putaran camshaft akan berhenti disebabkan piston menabrak valve dalam kondisi valva masih terbuka. Ketika valve bengkok meskipun timing belt diganti mobil tidak akan bisa bekerja sempurna. Karena kompresi akan hilang karena keluar dari rongga valve yang bengkok tadi. Hal yang harus diperhatikan ketika timing belt putus : Ketika timing belt putus