Skip to main content

Cara mengatasi lampu mobil yang tiba-tiba mati

Halo selamat datang di Blog bengkel injeksi semoga sehat selalu.
Kali ini kita akan bahas masalah "lampu mobil yang tiba tiba mati" kalo gitu langsung ke pembahasan aja yuk.
Saat lampu mobil tiba tiba mati mendadak sebaiknya jangan panik, karna itu tidak selalu karna mobil anda mengalami kerusakan.
Lampu kendaraan adalah hal yang sangat penting apalagi saat perjalanan di malam hari. Selain untuk penerangan saat berkendara di malam hari lampu juga sebagai tanda untuk pengendara lain. Tanpa lampu di malam hari bisa menjadi hal yang merugikan buat anda.
Maka berikut kami jelaskan gejala dan langkah yang bisa anda lakukan saat lampu kendaraan bermasalah.

1. LAMPU UTAMA MATI
Lampu utama mati semua ( kanan dan kiri ) dan lampu belakang lampu senja masih menyala.

A. Coba periksa sikring
Beberapa jenis mobil box sikring terletak di bagian kap mesin untuk mobil pembuatan di atas tahun 2000 dengan kode
▪ HLP -Lh > sikring lampu kiri
▪ HLP - RH > sikring lampu kanan
▪ kode LAMP (untuk jenis mobil tertentu)
Untuk mobil pembuatan di bawah tahun 2000 biasanya sikring lampu di letakan di bawah stir sebelah kanan atau kiri.
Coba periksa sikring apakah sikring rusak / mati. Jika rusak gantilah sikring dengan yang baru. Dan mobil anda lampunya akan menyala kembali.

B. Periksa riley
Anda yang masih awam mungkin bingung bagaimana cara periksa riley. Riley biasanya di pasang di sebelah sikring lampu dengan kode ( HEAD ) di dalam box sikring.
Cara memeriksa dengan mendengarkan suara dari riley seperti "cetek cetek" saat saklar lampu di on offkan dan jika tidak berbunyi sama sekali berarti rikey rusak dan harus ganti.
Sebaiknya anda membawa riley cadangan jika di rasa riley anda sudah mulai usang. Atau jika anda ragu untuk menggantinya sendiri bisa langsung datang ke bengkel.


2. LAMPU MATI SALAH SATU
Lampu mati salah satu misal kanan / kiri / belakang biasanya dikarenakan usia lampu yang memang harus diganti
Sebaiknya anda membawa cadangan lampu. Tidak ada salahnya membawa cadangan lampu saat anda berkendara di malam hari untuk mengantisipasi kondisi tersebut.
Ketika lampu anda ternyata mati salah satu, anda harus menggantinya. Nah kami akan jelaskan bagaimana cara melepasnya.

A. Cara melepas lampu depan
▪ Lampu dan mesin di depan
Untuk melepas lampu kamu cukup membuka kap mesin lalu cari soket lampu biasanya di belakang aki lalu lepas soket dan lepas pengunci lampu dan otomatis lampu halogen akan terlepas, begitu juga dengan lampi senjan dll cara melepasnya sama.
▪ Lampu depan dan mesin di belakang
Untuk lampu depan dengan mesin di belakang atau di bawah kursi cara melepas lampu dengan menggunakan obeng kemudian posisi lampu berada di atas pedal gas. Lepas 4 baut penutup lampu kemudian kamu akan menemukan soket lampu di dalamnya.

B. Cara melepas lampu belakang
Anda harus membuka bagasi / pintu belakang anda akan menemukan baut ukuran 10 atau obeng + pengait mika dudukan lampu. Anda akan menemukan soket lampu, cari lampu yang sekiranya sudah tidak menyala dan menggantinya dengan yang baru.

Apabila dalam melakukan langkah-langkah di atas anda merasa ragu. Bisa hubungi bengkel kami di
▪0813-9290-1127 telfon / sms / wa
▪0896-0604-8276 telfon / sms / WA
RESERVASI di 0896-7451-7555 telfon / sms / WA

Mungkin cukup sekian penjelasan dari kami semoga langkah langkah di atas dapat sedikit membantu anda dalam menangani trobel kendaraan di jalan semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment

harap saran dan kritik anda

Popular posts from this blog

CDI VS PLATINA

CDI VS PLATINA Hallo ketemu lagi dengan blog yang sederhana ini adalah blog pertama kami tentang review kelebihan dan kekurangan spare part mobil nih. Ikuti terus yuk.. Sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI, mana yang lebih baik ?? Sejalan dengan kemajuan teknologi otomotif sistem pengapian pada kendaraan roda 4 pun sudah mengalami perubahan mulai dari sistem pengapian platina ke sistem pengapian CDI. Namun masih banyak orang yang bingung tentang mana yang lebih baik sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI. Kali ini kita akan bahas tentang kelebihan dan kekurangan sistem pengapian platina dan sitem pengapian CDI. Banyak yang bilang bahwa sistem pengapian CDI lebih unggul, tetapi tidak sedikit juga yang bilang bahwa sistem platina lebih bertenaga. Langsung kita simak yuk apa saja kelebihan dan kekurangannya... CDI(Capasitor Discharge Igniition)  CDI berfungsi sebagai pembagi dan pembangkit arus sebelum di teruskan oleh coil pengapian. Beriku...

bengkel mobil panggilan

 ini merupakan bengkel mobil yang melayani panggilan 24 jam. kalau mobil anda tiba tiba macet di jalan dan tidak tau bengkel di daerah kutoarjo , atau purworejo andq bisa menghubungi kami di nomor ini • 0896-0604-8276 TLP / WA • 0813-9290-1127 TLP / WA Di tempat manapun anda mengalami mobil mogok kami bisa membantu anda. dengan mekanik yang telah berpengalamqn kami dapat mengatasi mobil anda.  terimakqsih telah berkunjung ke artikel kami

BENGKEL 24 JAM PURWOREJO

 kami adalah bengkel mobil 24 jam di purworejo. jika anda membutuhkan layanan bengkel 24 jam atau layanan panggilan anda bisa menghungi kami saja. kami akan membantu anda 24 jam.  kontak kami  • 081392901127 tlp / wa • 089606048276 tlp / wa kami memberikan layanan sebagai berikut 1. panggilan 24 jam 2. jumper aki 3. servis mobil panggilan 4. servis mobil di rumah 5. ganti kampas rem 6. ganti kampas kopling 7. servis lampu lampu 8. servis kelistrikan 9. mobil mogok di jalan 10. mobil tiba tiba mati  11. perbaikan dinamo start 12. perbaikan dinamo alternator 13. detek cqngkul 14. cass aki 15. dan masih banyak yang laiinya silahkan anda menelpon kami saja jika anda memburuhkan layanan kami. kami akan siap membantu anda 24 jam