Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic VS Mobil Manual

Hallo berjumpa kembali dengan blog bengkel injeksi. Kali ini kami akan mereview sebuah kendaraan yaitu kelebihan dan kekurangan mobil matic VS mobil munual. Yuk kita bahas bersama.
Saat ini mobil sudah banyak mengalami kemajuan yang sangat pesat. Yang dulunya menggunakan transmisi manual sekarang sudah banyak dijumpai mobil yang menggunakan transmisi otomatis (matic).
Mobil matic tetap mengutamakan kenyamanan yang terus dikembangkan sedemikian rupa untuk mencapai hasil yang memuaskan bagi penggunanya.
Tapi taukah anda mobil dengan transmisi matic atau manual juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan kami akan menjelaskannya sebagai berikut :


Kelebihan Mobil MANUAL

1. Biaya Perbaikan Murah
Salah satu kelebihan mobil bertransmisi manual adalah biaya perbaikannya yang murah karna mobil bertransmisi manual spare partnya mudah didapat. Banyak toko onderdil yang menjual spare part transmisi manual dan banyak bengkel yang ahli dalam menanganinya.
Mobil bertransmisi manual penggantian olinya pun cukup mudah dan murah. Dalam penggantian oli transmisi di tempuh sekitar 20.000 kilometer atau 4x ganti oli mesin 1x ganti oli transmisi.

2. Engine Breake
Engine breake atau rem mesin, saat berada di jalanan menurun yang curam mobil dengan transmisi manual lebih aman karena putaran roda masih tertahan oleh putaran mesin.
Artinya mobil dengan transmisi manual masih bisa mengurangi laju kecepatan meski pedal rem tidak di injak. Dengan melepas pedal gas dan pedal kopling otomatis putaran roda akan tertahan oleh putaran mesin.

3. Harga jual
Harga jual mobil manual lebih tinggi karena mobil manual yang memiliki spare part yang mudah dijumpai di toko onderdil dan banyak bengkel yang handal juga mempengaruhi harga jual mobil manual.


Kekurangan mobil MANUAL

1. Kenyamanan Berkendara Kurang
Pada mobil dengan transmisi manual kenyamanan berkendara terganggu. Saat mendapati jalanan yang macet pasti sangat terganggu karna anda akan sering menginjak pedal kopling dan menahannya dalam waktu yang lama. Yang menyebabkan anda merasa lelah.

2. Pengoprasian Rumit
Mobil bertranamisi manual pengoprasiannya lebih rumit karena untuk memindahkan gigi transmisi harus menginjak pedal kopling dan pada transmisi manual membutuhkan tahapan-tahapan dan urutannya masing-masing untuk mencapai kecepatan yany di inginkan.



Kelebihan Mobil MATIC

1. Kenyamanan Dalam Berkendara
Mobil matic memiki kenyamanan dalam berkendara karena anda tidak ada lagi pedal kopling dan mobil matic lebih mudah saat melewati kemacetan karena anda hanya perlu menginjak pedal rem dan pedal gas.

2. Pengoprasian Mudah
Mobil matic memiliki pengoprasian yang mudah tidak ada tahapan-tahapan dalam mengemudi. Karena semua telah di atur secara otomatis dan dengan mudah anda dapat mengoprasikan mobil matic.

baca juga : penyebab rem blong hati hati !!!

Kekurangan Mobil MATIC

1. Biaya Perbaikan Mahal
Mobil matic memiliiki biaya perbaikan yang cukup mahal karena harga sparepart yang mahal dan jarang sekali mekanik yang handal dalam mobil matic membuat biaya perbaikannya yang mahal.
Apalagi untuk ganti oli mobil matic harus menggunakan oli khusus mobil matic yang di rekomendasikan pabrikannya dan harganya pun lumayan mahal.

2. Tidak Ada Engine Breake
Mobil matic tidak memiliki engine breake jadi untuk melewati jalanan yang curam mobil matic hanya mengandalkan rem. Perawatan rem juga sangat di butuhkan untuk mobil matic.

3. Harga Jual Rendah
Mobil matic memiliki harga jual yang rendah karna mobil matic memiliki spare part yang sulit. Biaya servis yang mahal membuat mobil matic memiki harga jual yang rendah.



Mobil matic ataupun manual memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saat ini mobil matic ataupun manual juga sudah di kembangkan untu menekan kelemahannya. Jadi kesimpulannya semua mobil juga memiliki kelemahannya masing-masing dan memiliki kelebihannya masing-masing. Kami hanya memberi referensi, jika anda ingin membeli mobil dan perhatikan baik-baik. Sesuaikan dengan kebutuhan dan biaya yang anda keluarkan untuk perawatan kendaraan anda.

baca juga : kelebihan dan kekurangan toyota avanza


Kami juga menyediakan jasa bengkel mobil yang melayani servis ringan hingga berat serta memberikan layanan tambahan panggilan 24jam area purworejo dan sekitarnya.
Hubungi bengkel kami di
▪0813-9290-1127 telfon / sms / WA
▪0896-0604-8276 telfon / sms / WA
RESERVASI di 0896-7451-7555 telfon / sms / WA




Itulah penjelasan dari kami mengenai kelebihan dan kekurangan mobil manual VS mobil matic.
Apabila terdapat kesalahan baik tulisan maupun penjelasan.
Kritik dan saran sangat kami butuhkan.
Agar kedepannya kami bisa jauh lebih baik lagi
Terimakasih sudah membaca blog kami semoga dapat membantu.

Salam dari kami

Comments

Popular posts from this blog

CDI VS PLATINA

CDI VS PLATINA Hallo ketemu lagi dengan blog yang sederhana ini adalah blog pertama kami tentang review kelebihan dan kekurangan spare part mobil nih. Ikuti terus yuk.. Sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI, mana yang lebih baik ?? Sejalan dengan kemajuan teknologi otomotif sistem pengapian pada kendaraan roda 4 pun sudah mengalami perubahan mulai dari sistem pengapian platina ke sistem pengapian CDI. Namun masih banyak orang yang bingung tentang mana yang lebih baik sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI. Kali ini kita akan bahas tentang kelebihan dan kekurangan sistem pengapian platina dan sitem pengapian CDI. Banyak yang bilang bahwa sistem pengapian CDI lebih unggul, tetapi tidak sedikit juga yang bilang bahwa sistem platina lebih bertenaga. Langsung kita simak yuk apa saja kelebihan dan kekurangannya... CDI(Capasitor Discharge Igniition)  CDI berfungsi sebagai pembagi dan pembangkit arus sebelum di teruskan oleh coil pengapian. Berikut ad

Scan Mobil Injeksi di Purworejo

Semakin maraknya mobil injeksi di Purworejo. Bengkel mobil gilang juga menyediakan jasa SCANNING menggunakan scan XTOOL PS701 dan OBD MATE. Jenis kendaraan yang dapat kami SCAN antara lain : Toyota Daihatsu Suzuki Mitsubishi Datsun Nissan Biaya scan sangat terjangkau kok, untuk tanya-tanya bisa hubungi : CS : 089674517555 MEKANIK: 089606048276 Lokasi bengkel mobil gilang berada di dusun Candi rt02/rw03, desa Candingasinan, kab Purworejo, Jawa Tengah. Kami juga melayani servis panggilan. Apabila anda mengalami troble di jalan kami siap membantu di jam berapapun. ayanan kami antara lain 1. tune up 2. ganti oli 3. gurah mesin 4. scan engine 5. servis alternator 6. servis dinamo start 7. ganti kampas rem 8. ganti kampas kopling 9. servis rem 10. servis kelistrikan 11. servis lampu lampu 12. servis kabel kabel 13. jumper aki 14. diagnosik kerusakan 15. derek cangkul 16. dan masih banyak yang lainnya area layanan panggilan kami antara lain : • Bagelen, Purworejo • Banyuurip, Purworejo • Bay

Akibat TIMING BELT putus !!! hati hati

Hallo bertemu kembali di blog bengkel injeksi kali ini kita akan menjelaskan akibat dari timing belt putus. Sebelumnya kepembahasan utama anda harus tahu penyebab dari timing belt aus atau putus. Langsung saja klik link di bawah ini 👇👇👇👇 PENYEBAB TIMING BELT AUS ATAU PUTUS Selanjutnya kita akan jelaskan akibat dari timing belt putus dan hal apa saja yang perlu diperhatikan. Timing belt putus pasti akan membuat akan kebingungan terlebih bila terjadi saat anda melakukan perjalanan karena mobil akan tiba-tiba mogok dan tidak dapat dihidupkan kembali. Karena ketika timing belt putus otomatis valve akan bengkok karena putaran camshaft akan berhenti disebabkan piston menabrak valve dalam kondisi valva masih terbuka. Ketika valve bengkok meskipun timing belt diganti mobil tidak akan bisa bekerja sempurna. Karena kompresi akan hilang karena keluar dari rongga valve yang bengkok tadi. Hal yang harus diperhatikan ketika timing belt putus : Ketika timing belt putus