Skip to main content

Penyebab Knalpot Mobil Berasap Putih

Hallo selamat datang kembali di blog bengkel injeksi di purworejo. Kali ini kami akan membahas penyebab knalpot berasap putih.

Bagi anda yang sering berpergian pasti sering menjumpai kendaraan mobil maupun motor yang knalpotnya mengeluarkan asap putih pekat.
Nah pasti anda bertanya-tanya apa sih penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Mari kita bahas bersama-sama.

Knalpot adalah saluran gas buang kendaraan dengan prinsip kerja pembakaran dalam.
Jadi knalpot adalah saluran buang hasil pembakaran dalam mesin.
Knalpot juga bisa di sebut sebagai pengurai panas dalam mesin karna pembakaran di salurkan keluar melalui knalpot.

Penyebab knalpot bisa berasap :

1. Piston Kotor atau Berkerak
Kerak pada piston disebabkan oleh bahan bakar kendaraan yang tidak sesuai standart kendaraan.
Jadi pastikan anda membeli bahan bakar sesuaikan dengan standar mesin, karena jika tidak sesuai maka lama kelamaan piston akan memiliki banyak kerak dan mengeluarkan asap kendaraan serta akan mengalami penurunan kinerja mesin.

Bila sudah terjadi berasap putih, kami menganjurkan untuk melakukan tune up dan gurah mesin. Info lebih lanjut klik link di bawah ini 👇👇👇👇👇👇👇




BACA JUGA : Langkah-Langkah Tune Up

                         Gurah Mesin




2. Tingkat Kekentalan Oli
Oli merupakan salah satu penyebab keluarnya asap di knalpot.
Oli yang terlalu encer menyebabkan oli yang masuk ke ruang bakar mesin dan ikut terbakar bahkan oli juga bisa masuk ke dalam knalpot.
Oli yang terkena panas akan menjadi asap.
Nah itu lah penyebabnya, jangan gunakan oli yang terlalu encer .

*Cara mengatasi salah oli / oli encer :
Gantilah oli sesuai dengan jadwal penggantian oli yang telah diberikan oleh bengkel anda.

Berikut rekomendasi oli mesin :
▪Kendaraan usia < 5 tahun menggunakan oli sae 10w-40
▪Kendaraan usia 5-10 tahun menggunakan oli sae 15w-40
▪Kendaraan usia >10 tahun menggunakan oli sae 20w-50
Ikuti anjuran dengan sesuaikan usia kendaraan anda.


3. Kerusakan Seal Valve
Seal valve berfungsi sebagai penahan kebocoran oli. Kerusakan pada seal valve menyebabkan kebocoran pada seal valve yang mengakibatkan oli ikut terbakar dan menyebabkan knalpot berasap serta oli akan boros.

Cara mengatasi seal valve bocor :
▪Gantilah seal valve
▪Bersihkan semua kerak dalam mesin
▪Ikuti rekomendasi oli sesuai tahun kerja kendaran anda.


4. Kerusakan Ring Piston
Kerusakan ring piston menyebabkan oli masuk ke ruang bakar.
Kerusakan ring piston juga menyebabkan efek lain yaitu :
▪Menurunnya kerja mesin
▪Bahan bakar semakin boros
▪Busi sering mati
▪Oli boros.

Cara mengatasi kerusakan ring piston :
▪Gantilah ring piston kendaraan anda
▪Gunakan oli yang sesuai dengan kendaraan anda.


Cara mengatasi knalpot berasap :
▪Gantilah oli tepat waktu
▪Gunakan bahan bakar sesuai standart kendaran masing masing
▪Servis rutin setiap penggantian oli




Untuk pengecekan atau servis dll.
Bisa hubungi kami bengkel mobil gilang purworejo, melayani panggilan 24 jam area purworejo dan sekitarnya. Hubungi bengkel kami di
▪0813-9290-1127 telfon / sms / WA
▪0896-0604-8276 telfon / sms / WA
RESERVASI di 0896-7451-7555 telfon / sms / WA



Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel kami, semoga artikel kami dapat bermanfaat bagi semua kalangan.
Sukses selalu

Comments

Popular posts from this blog

CDI VS PLATINA

CDI VS PLATINA Hallo ketemu lagi dengan blog yang sederhana ini adalah blog pertama kami tentang review kelebihan dan kekurangan spare part mobil nih. Ikuti terus yuk.. Sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI, mana yang lebih baik ?? Sejalan dengan kemajuan teknologi otomotif sistem pengapian pada kendaraan roda 4 pun sudah mengalami perubahan mulai dari sistem pengapian platina ke sistem pengapian CDI. Namun masih banyak orang yang bingung tentang mana yang lebih baik sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI. Kali ini kita akan bahas tentang kelebihan dan kekurangan sistem pengapian platina dan sitem pengapian CDI. Banyak yang bilang bahwa sistem pengapian CDI lebih unggul, tetapi tidak sedikit juga yang bilang bahwa sistem platina lebih bertenaga. Langsung kita simak yuk apa saja kelebihan dan kekurangannya... CDI(Capasitor Discharge Igniition)  CDI berfungsi sebagai pembagi dan pembangkit arus sebelum di teruskan oleh coil pengapian. Beriku...

bengkel mobil panggilan

 ini merupakan bengkel mobil yang melayani panggilan 24 jam. kalau mobil anda tiba tiba macet di jalan dan tidak tau bengkel di daerah kutoarjo , atau purworejo andq bisa menghubungi kami di nomor ini • 0896-0604-8276 TLP / WA • 0813-9290-1127 TLP / WA Di tempat manapun anda mengalami mobil mogok kami bisa membantu anda. dengan mekanik yang telah berpengalamqn kami dapat mengatasi mobil anda.  terimakqsih telah berkunjung ke artikel kami

BENGKEL 24 JAM PURWOREJO

 kami adalah bengkel mobil 24 jam di purworejo. jika anda membutuhkan layanan bengkel 24 jam atau layanan panggilan anda bisa menghungi kami saja. kami akan membantu anda 24 jam.  kontak kami  • 081392901127 tlp / wa • 089606048276 tlp / wa kami memberikan layanan sebagai berikut 1. panggilan 24 jam 2. jumper aki 3. servis mobil panggilan 4. servis mobil di rumah 5. ganti kampas rem 6. ganti kampas kopling 7. servis lampu lampu 8. servis kelistrikan 9. mobil mogok di jalan 10. mobil tiba tiba mati  11. perbaikan dinamo start 12. perbaikan dinamo alternator 13. detek cqngkul 14. cass aki 15. dan masih banyak yang laiinya silahkan anda menelpon kami saja jika anda memburuhkan layanan kami. kami akan siap membantu anda 24 jam