Skip to main content

TIPS MEMILIH MOBIL BEKAS

Hallo ketemu lagi dengan blog yang sederhana ini. Kali ini kita akan kasih tips nih buat kalian semua. Tips bagaimana cara memilih mobil bekas yang bagus agar tidak salah pilih tentunya.
Ikuti terus yuk..

Mobil bekas bagi sebagian masyarakat Indonesia adalah hal yang sering di cari. Disamping harganya yang cukup terjangkau, hal lain seperti banyak pilihan dan perbandingan dengan mobil lain menjadi salah satu alasan. Mengapa lebih memilih mobil bekas daripada mobil yang baru ? Tentunya banyak alasan dari setiap pembeli.
Tapi bagaimana jika anda yang ingin membeli mobil tetapi sama sekali tidak tau tentang mobil ? tentu anda akan bingung.
Disamping itu banyak penjual-penjual mobil yang nakal. Yang mengakal-akali mobil jualannya hanya untuk mendapatkan untung yang sebesar-besarnya.
Pasti anda tidak ingin memilih mobil yang salah dan mengecewakan. Oleh karena itu kami akan menjelaskan tips cara memilih mobil yang benar agar anda tidak salah dalam memilih mobil.


Berikut penjelasannya :

1. Mobil Bekas Tabrakan
Mobil bekas tabrakan adalah hal yang sangat dihindari oleh pembeli. Karena kenyamanan saat berkendara akan berkurang. Seperti stir yang mudah berbelok dan kerja salah satu komponen mobil pasti ada yang tidak bekerja dengan sempurna. Hal ini sangat ditakuti oleh calon pembeli.

baca juga : kelebihan dan kekurangan mobil matic vs manual

Dan berikut tips mengetahui mobil bekas tabrakan :

(a). Periksa bagian sudut mobil bagian depan mobil.
Mobil bekas menabrak pasti akan menunjukan bentuk yang berbeda.
Langkah pertama adalah periksa bagian sudut depan sebelah kiri. Mobil bekas tabrakan biasanya akan ada sisa body atau bumper yang cacat dan terdapat goresan. Bandingkan dengan body sudut sebelah kanan apakah ada perbedaan yang cukup mencolok. Jika terdapat hal tersebut sebaiknya tanyakan kepada si penjualnya. Untuk memastikan kondisi yang sebenarnya.



(b). Body Bekas Dempulan
Hal yang kedua yang perlu diperhatikan adalah mobil bekas tabrakan biasanya akan mengalami perbaikan ke tukang body. Biasanya jika body mobil telah penyok akan di berikan dempul yang cukup tebal.
Cara memeriksa mobil bekas dempul yang tebal adalah ketuk body mobil dan dengarkan suara body, untuk mobil di atas tahun 2000 mobil sudah murni menggunakan body kaleng. Jadi jika di ketuk akan berbunyi suara nyaring.
Jika di ketuk suaranya seperti ada sesuatu di dalam body sebaiknya tanyakan kepada si penjual mobil tersebut apakan mobil sudah pernah melakukan perbaikan body mobil.

(c). Periksa Cat Mobil
Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan untuk mobik bekas tabrakan adalah cat mobil. Periksa cat mobil semua bagian body. Mobil yang hanya di perbaiki pada satu panel pasti akan terdapat perbedaan antara cat asli pabrik dan pengecatan ulang. Berhati-hatilah dalam memilih karena penjual yang nakal akan menutup-nutupi dengan cara tidak mengizinkan jika anda ingin melihat mobil pada pagi atau siang hari. Karena hal itu akan terlihat jelas jika di periksa pada pagi atau siang hari.

(d). Periksa Bagian Chasis Mobil
Chasis berfungsi sebagai tumpuan utama dalam kendaraan. Chasis mobil pasti akan mengalami kerusakan jika mobil pernah terjadi tabrakan. Karena chasis mobil tidak akan bisa diperbaiki dan kembali seperti semula jika pernah mengalami benturan yang cukup keras.
Cara mengetahui chasis mobil yang pernah mengalami benturan adalah periksa fisik dari chasis mobil. Mobil bekas tabrakan pasti chasisnya akan mengalami pengelasan dan hal tersebut akan terlihat jelas. Sebaiknya periksa dengan teliti saat pemeriksaan chasis. Jika chasis pernah mengalami benturan keras, saat mobil dijalankan stir cenderung mudah berbelok meksipun dalam keadaan jalan yang lurus.

(e). Periksa Pintu Mobil
Hal selanjutnya adalah perhatikan bagian pintu mobil. Mobil bekas tabrakan akan mengalami kemunduran di bagian salah satu pintu mobil.
Cara pemeriksaannya adalah dengan periksa satu persatu pintu mobil apakah jarak antara pintu dengan body saat pintu tertutup terlihat jarak yang cukup berbeda atau terlalu jauh atau terlalu dekat.
Sebaiknya buka dan tutup kembali pintu juga apakah pintu mobil berfungsi dengan baik. Bedakan dengan pintu yang lain pada mobil tersebut jarak pintu dan body serta kerja pintu apakah bekerja dengan sempurna.

baca juga : kelebihan dan kekurangan mobil toyota avanza

2. Mobil Bekas Terkena Banjir
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan saat membeli mobil adalah mobil bekas terkena banjir. Mobil yang bekas terkena banjir biasanya mudah kropos di bagian bawah mobil. Berhati-hatilah saat memilih mobil karena banyak penjual mobil yang mahir menutupi mobil jualannya meski bekas terendam banjir.
Caranya periksa bagian rem cakram dan bagian-bagian bawah mobil apakah terdapat karat yang cukup fatal.
Karena karat yang di biarkan cukup lama akan berakibat mobil sulit untuk dikendarai dan mudah berbelok saat kecepatan tinggi. Disamping itu jika terendam banjir cukup lama fungsi dan kerja komponen mesin akan berkurang serta mudah mengalami kerusakan.


3. Mesin
Mesin adalah hal yang vital dalam sebuah kendaraan. Karena mesin yang dapat menjalankan mobil, akan sangat merepotkan jika mengalami masalah di tengah jalan.
Hal yang harus di perhatikan saat memilih mobil bekas selanjutnya adalah pemeriksaan mesin. Periksa mesin secara teliti dan hati-hati.

Cara pemeriksaanya :

▪ Periksa apakah mesin mobil sudah pernah mengalami kebocoran oli.
Kebocoran oli mesin banyak di sebabkan oleh kurangnya perawatan si pemilik kendaraan.
▪ Periksa bagian bawah mesin, biasanya jika terdapat kebocoran oli mesin oli akan terlihat rembesan di bagian bawah mesin.

Hati-hati dengan penjual mobil yang nakal terkadang penjual membersihkan terkebih dahulu bekas oli rembesan. Tetapi tetap tidak akan sebersih sebelum mengalami kebocoran oli.
Periksa stik oli apakah oli masih terlihat kuning atau sudah hitam pekat. Jika oli mesin sudah hitam pekat itu tandanya mobil mengalami kurang perawatan.
Periksa juga air di dalam radiator.
Air di dalam radiator sebuah mobil seharusnya diganti setiap melakukan tune up mobil.
Periksa tingkat kejernihan air radiator. Karena jika air radiator sudah terlalu keruh. Kemungkinan sirkulasi air pada mesin akan mengalami penyumbatan yang dapat membuat kerusakan pada saat mobil melakukan perjalanan jauh.
Dan selanjutnya perhatikan baik-baik suara mesin. Kami merekomendasikan coba membandingkan dengan suara mesin mobil yang lain dengan merk mobil yang sama. Perhatikan suara mesin mobil, jika anda kesulitan sebaiknya anda mencari bantuan kepada bengkel terpercaya anda.


4. Periksa Interior Mobil
Tips selanjutnya yang harus anda ketahui adalah periksa bagian interior mobil.
Perhatikan setiap interior mobil secara seksama. Apakah interior mobil masih utuh dan berfungai dengan baik. Seperti sabuk pengaman , kursi , dasbor , audio dan lain-lain. Jika ada yang kosong sebaiknya tanyakan kepada si penjual mobil tersebut.


5. Periksa Kelistrikan & Fungsinya
Tips selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah kelistrikan dan fungsinya. Terkadang penjual mobil membuat akal-akalan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Sebaiknya periksa kabel-kabel mobil yang akan anda beli. Periksa di bagian bawah dasbor mobil apakah kabel masih tampak rapi atau sudah pernah diperbaiki. Biasanya di tandai dengan kabel yang berbalut isolasi hitam. Jika kabel sudah pernah mengalami perbaikan.
Dan selanjutnya periksa fungsi saklar pada kendaraan satu persatu apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jangan lupa juga periksa fungsi audio mobil apakah masih berfungai dengan baik atau tidak. Karena ada sebagian penjual mobil yang menukar audio mobil jualannya dengan kualitas yang lebih rendah.


6. Periksa Surat-Surat Kendaraan
Tips selanjutnya adalah periksa surat-surat mobil. Terkadang hal ini sering diremehkan oleh pembeli dengan alasan mobil yang masih cukup muda. Sebaiknya berhati-hati dalam membeli mobil karena banyak mobil yang nomor kendaraan yang tertera di plat mobil berbeda dengan STNK. Sebaiknya anda periksa nomor tanda kendaraan nomor mesin dan nomor rangka untuk menghindari hal yang tidak diinginkan kepada anda. Ini hal yang sering kali pembeli lewatkan. Terlihat sepele tapi ini sangat penting.


7. Jika Cocok Langsung Bawa Pulang
Saat anda membeli mobil dan telah cocok dengan mobil pilihan anda. Sebaiknya langsung di bawa pulang karena banyak penjual mobil abal-abal yang hanya ingin mencari untung. Saat si pembeli telah memilih mobil si penjual malah menukar part-part di mesin dan itu akan merugikan anda yang sebagai pembeli jadi sebaiknya langsung di bawa pulang saja. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bukannya suudzon kita hanya mengantisipasi saja. Karena penjual yang amanah juga tentunya masih banyak.




Kami juga menyediakan jasa bengkel mobil yang melayani servis ringan hingga berat serta memberikan layanan tambahan panggilan 24jam area purworejo dan sekitarnya.
Hubungi bengkel kami di
▪0813-9290-1127 telfon / sms / WA
▪0896-0604-8276 telfon / sms / WA
RESERVASI di 0896-7451-7555 telfon / sms / WA





Itulah tips memilih mobil bekas.
Semoga bermanfaat bagi anda. Apabila terdapat kesalahan baik tulisan maupun penjelasan kami mohon maaf.
Kritik dan saran sangat kami butuhkan. Silahkan tulis di kolom komentar.
Agar kedepannya kami bisa jauh lebih baik lagi.
Terimakasih sudah membaca blog kami.
Semoga dapat membantu.
Salam pecinta otomotif dan sampai jumpa.

Comments

Popular posts from this blog

CDI VS PLATINA

CDI VS PLATINA Hallo ketemu lagi dengan blog yang sederhana ini adalah blog pertama kami tentang review kelebihan dan kekurangan spare part mobil nih. Ikuti terus yuk.. Sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI, mana yang lebih baik ?? Sejalan dengan kemajuan teknologi otomotif sistem pengapian pada kendaraan roda 4 pun sudah mengalami perubahan mulai dari sistem pengapian platina ke sistem pengapian CDI. Namun masih banyak orang yang bingung tentang mana yang lebih baik sistem pengapian platina atau sistem pengapian CDI. Kali ini kita akan bahas tentang kelebihan dan kekurangan sistem pengapian platina dan sitem pengapian CDI. Banyak yang bilang bahwa sistem pengapian CDI lebih unggul, tetapi tidak sedikit juga yang bilang bahwa sistem platina lebih bertenaga. Langsung kita simak yuk apa saja kelebihan dan kekurangannya... CDI(Capasitor Discharge Igniition)  CDI berfungsi sebagai pembagi dan pembangkit arus sebelum di teruskan oleh coil pengapian. Berikut ad

Scan Mobil Injeksi di Purworejo

Semakin maraknya mobil injeksi di Purworejo. Bengkel mobil gilang juga menyediakan jasa SCANNING menggunakan scan XTOOL PS701 dan OBD MATE. Jenis kendaraan yang dapat kami SCAN antara lain : Toyota Daihatsu Suzuki Mitsubishi Datsun Nissan Biaya scan sangat terjangkau kok, untuk tanya-tanya bisa hubungi : CS : 089674517555 MEKANIK: 089606048276 Lokasi bengkel mobil gilang berada di dusun Candi rt02/rw03, desa Candingasinan, kab Purworejo, Jawa Tengah. Kami juga melayani servis panggilan. Apabila anda mengalami troble di jalan kami siap membantu di jam berapapun. ayanan kami antara lain 1. tune up 2. ganti oli 3. gurah mesin 4. scan engine 5. servis alternator 6. servis dinamo start 7. ganti kampas rem 8. ganti kampas kopling 9. servis rem 10. servis kelistrikan 11. servis lampu lampu 12. servis kabel kabel 13. jumper aki 14. diagnosik kerusakan 15. derek cangkul 16. dan masih banyak yang lainnya area layanan panggilan kami antara lain : • Bagelen, Purworejo • Banyuurip, Purworejo • Bay

Akibat TIMING BELT putus !!! hati hati

Hallo bertemu kembali di blog bengkel injeksi kali ini kita akan menjelaskan akibat dari timing belt putus. Sebelumnya kepembahasan utama anda harus tahu penyebab dari timing belt aus atau putus. Langsung saja klik link di bawah ini 👇👇👇👇 PENYEBAB TIMING BELT AUS ATAU PUTUS Selanjutnya kita akan jelaskan akibat dari timing belt putus dan hal apa saja yang perlu diperhatikan. Timing belt putus pasti akan membuat akan kebingungan terlebih bila terjadi saat anda melakukan perjalanan karena mobil akan tiba-tiba mogok dan tidak dapat dihidupkan kembali. Karena ketika timing belt putus otomatis valve akan bengkok karena putaran camshaft akan berhenti disebabkan piston menabrak valve dalam kondisi valva masih terbuka. Ketika valve bengkok meskipun timing belt diganti mobil tidak akan bisa bekerja sempurna. Karena kompresi akan hilang karena keluar dari rongga valve yang bengkok tadi. Hal yang harus diperhatikan ketika timing belt putus : Ketika timing belt putus